Pembukaan Bursa Kerja oleh Hj. Nurhayanti, S.H.,M.M.,M.Si

CITEUREUP – Bursa Kerja 2017 resmi diselenggarakan di Sport Hall Indocement, Kawasan Industri Berikat CCIE, Jalan May- or Oking, Citeureup, Kabupaten Bogor, Kamis (24/8) sampai Jumat (25/8). Sebagai leading sektor, Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Bogor berharap para pencari kerja (pencaker) memanfaatkan kesempatan ini sebaik-baiknya. Bupati Bogor Hj Nurhayanti menuturkan, angka pengangguran hingga kini terdata sebanyak 231.854 jiwa.

Untuk menekan angka tersebut, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor mengadakan pameran bursa kerja yang diikuti 41 perusahaan untuk menyerap 3.315 pencaker guna mendapat pekerjaan,” paparnya kepada pewarta, pagi kemarin. 3.315 Sebab, saat ini tingkat pengangguran dan kemiskinan masih merupakan persoalan yang sangat serius. Terutama belum seimbangnya jumlah tenaga kerja terdidik dengan pasar kerja yang ada. “Untuk itu, melalui bursa kerja ini kami harap penyerapan tenaga kerja asal Kabupaten Bogor berjalan baik,” ujarnya.

Sementara Kepala Disnaker Kabupaten Bogor Yous Sudrajat mengatakan, tahun ini terdapat lonjakan pencaker dari masyarakat, khususnya dari lulusan sarjana. “Untuk tahun ini, SMP diperlukan sebanyak 235 orang, SMA 2.312 orang, D3 357 orang dan S1 311 orang, dengan total keseluruhan 3.315 orang yang akan diserap,”5 paparnya kepada Metropolitan, kemarin. Yous menjelaskan, pameran bursa kerja tersebut menggunakan APBD 2017 dengan tujuan memfasilitasi pencaker untuk mendapatkan pekerjaan sesuai dengan bakat, minat dan keterampilan yang dimilikinya.

Ini sekaligus membantu perusahaan mendapatkan tenaga kerja berkualitas dan profesional sesuai kebutuhan perusahaan. “Dari ke-41 perusahaan yang mengikuti pameran ini, terdiri dari 13 perusahaan manufacture, tiga industri garment, 15 perusahaan jasa, satu PPTKIS, lima perbangkan dan tiga rilet. Selain bursa kerja, pihaknya juga melatih masyarakat di UPT Balai Latihan Kerja (BLK)untuk mendapatkan sertifikasi, yang nantinya dapat digunakan untuk mendapatkan pekerjaan.

“Setiap tahun, BLK sudah meluluskan 1.200 orang, yang nantinya para peserta ini akan disalurkan atau sertifikasi yang dimiliki bisa menjadi modal melamar pekerjaan,” katanya. Yous memaparkan, bagi pencaker yang sudah menerima pekerjaan melalui bursa kerja ini diharapkan menjadi tenaga kerja yang tidak hanya cerdas dan terampil. “Tapi memiliki kemampuan beradaptasi dalam dunia usaha, etos kerja yang tinggi serta daya kreasi yang inovatif untuk melaksanakan terobosan baru,” tandasnya.

(yos/b/feb/run)

Sumber: http://www.metropolitan.id/2017/08/buka-bursa-kerja-disnaker-serap-3-315-pencaker/