MAJELIS PERMUSYAWARATAN KELAS

Pengertian MPK

MPK adalah suatu organisasi di sekolah yang bertugas mengawasi kinerja OSIS dalam menjalankan tugas-tugasnya selama masa jabatannya berlangsung. Jabatan MPK lebih tinggi daripada OSIS karena MPK-lah satu-satunya organisasi di sekolah yang dapat memantau, mengawasi dan membantu tugas-tugas dari OSIS.

MPK adalah kepanjangan dari Majelis Perwakilan Kelas. MPK jabatannya lebih tinggi dari OSIS. Karena yang menentukan kandidat ketua OSIS adalah MPK. Untuk itu banyak sekali tugas-tugas penting yang diemban MPK. Mulai dari pemilihan sampai laporan akhir OSIS, MPK sering ikut di dalamnya. MPK bertanggungjawab atas OSIS. JIka ada OSIS yang ada masalah mengenai organisasi maka MPK wajib membantu. Jika ada OSIS yang tidak konsisten dengan pekerjaannya, maka MPK wajib dan berhak untuk mengeluarkannya dari organisasi (OSIS). MPK senantiasa memantau anak buahnya dalam menjalankan kegiatan dan tugasnya. MPK berhak menegur OSIS dan juga harus bertanggungjawab atas kegiatan OSIS.

Cara Kerja MPK

MPK mempunyai PK atau Perwakilan Kelas pada setiap kelas. MPK dapat menampung ide-ide dari PK yang merupakan masukan-masukan dari warga kelas tersebut. Setelah itu MPK menyerahkan ide-ide tersebut kepada OSIS untuk kemudian diseleksi kembali untuk dapat dijadikan program kerja OSIS.

Sebelum OSIS menyerahkan ataupun melaporkan program kerjanya kepada Pembina, OSIS harus merapatkannya dalam Rapat Pleno terlebih dahulu dengan MPK dan PK dengan Pembina OSIS sebagai Penengah. Rapat Pleno diadakan tida kali satu tahun, yaitu:

Rapat Pleno I, laporan program kerja yang akan dilaksanakan dalam 1 (satu) tahun ke depan.

Rapat Pleno II, laporan kinerja OSIS selama 1 semester.

Rapat Pleno III, laporan pertanggung jawaban OSIS dalam kerjanya selama 1 (satu) tahun. Setiap akan menjalankan atau melaksanakan programnya, OSIS harus mengadakan rapat terlebih dahulu dengan MPK.

Visi

Menjadikan MPK sebagai organisasi yang menjunjung tinggi  kekeluargaan, keterbukaan, dapat dipercaya, dan bertanggungjawab  berlandaskan 4 dasar yaitu jujur, adil, amanah, dan disiplin berlandaskan iman dan taqwa.

Misi

  1. Meningkatkan Fungsi Pengawasan terhadap Organisasi Siswa Intra Sekolah.
  2. Membangun Hubungan Baik, Koordinasi, Sinkronisasi Informasi antara Guru dan Siswa Terhadap Organisasi Siswa Intra Sekolah.
  3. Memastikan setiap kegiatan OSIS memberikan manfaat yang seluas-luasnya dan sebesar-besarnya bagi seluruh siswa.
  4. Membangun kerjasama yang baik diantara pengurus OSIS dan MPK.
  5. Menjadikan MPK sebagai wadah aspirasi yang dapat dipercaya dengan baik oleh seluruh warga SMK Plus Pelita Nusantara

Program Kerja

  1. Mengawasi, memantau dan membantu kinerja OSIS dan melaksanakan program-programnya
  2. Mengevaluasi kinerja OSIS
  3. Mengadakan dan menyiapkan Mubes (Musyawarah Kerja), Muker (Musyawarah Kerja), Rapat Pleno I dan II, serta LPJ (Laporan Pertanggung Jawab)
  4. Menyiapkan orasi pemilihan ketua dan wakil ketua MPK
  5. Menyiapkan orasi pemilihan ketua dan wakil ketua OSIS
  6. Menyeleksi calon anggota OSIS dan MPK untuk masa jabatan berikutnya
  7. Memilih calon ketua OSIS dan MPK melalui aplikasi berbasis website

Tugas tambahan lainnya baik yang terprogram maupun yang incidental. Contoh: mengadakan kotak aspirasi untuk seluruh warga sekolah.

ORGANISASI SISWA INTRA SEKOLAH

Pengertian OSIS

OSIS adalah kependekan dari Organisasi Siswa Intra Sekolah. Organisasi ini dibentuk di tingkat sekolah menengah, yaitu SMP dan SMA. Organisasi Siswa Intra Sekolah ini hampir pasti dimiliki oleh setiap sekolah di Indonesia.

Organisasi Osis dibentuk di dalam sekolah, beranggotakan siswa di sekolah itu, dan dibina oleh guru di sekolah itu. Mereka nantinya turut serta berkarya untuk kebaikan sekolah. Organisasi ini menjadi wadah bagi para siswa di suatu sekolah untuk mencapai tujuan pembinaan dan pengembangan siswa yang sesuai dengan visi-misi sekolah. Siapa pun boleh dan bisa menjadi pengurus OSIS. Hanya saja, tugas dan tanggung jawab sebagai pengurus OSIS cukup berat bahkan menyita waktu dan pikiran.

Jadi, memang perlu diadakan seleksi atau pemilihan untuk menentukan siapa saja yang layak dan mampu untuk menjadi pengurus OSIS.

Visi

Menjadikan Organisasi Siswa Intra Sekolah dan siswa/i SMK Plus Pelita Nusantara berjiwa unggul dalam bidang keterampilan, entrepreneur, religius, kreatif, inovatif, dan selalu mengedepankan motto ” Success By Character

Misi

  1. Meningkatkan sholat berjama’ah tepat waktu.
  2. Melanjutkan program yang belum terlaksana sebelumnya.
  3. Meningkatkan dan menampilkan prestasi bakat siswa melalui program ekstrakulikuler dan talent day.
  4. Menata dan menyempurnakan peraturan yang sudah ditetapkan oleh sekolah.
  5. Mengoptimalkan fungsi dan kinerja OSIS.
  6. Mengutamakan kerjasama dan solidaritas seluruh siswa/i SMK Plus Pelita Nusantara.

Program Kerja

  1. Melaksanakan kegiatan Bakti Sosial
  2. Menyelenggarakan kegiatan Pentas Seni
  3. Menyelenggarakan kegiatan classmeet
  4. Menjadwalkan dan melaksanakan kegiatan pembuatan Mading dan Papan info.
  5. Menyelenggarakan kegiatan Kartini
  6. Melaksanakan kegiatan Entrepreneur, seperti berjualan.