Cibinong— Pada tanggal 2 September 2017, keluarga besar SMK Plus Pelita Nusantara melaksanakan penyembelihan hewan kurban, dalam rangka peringatan Hari Raya Idul Adha 1438H. Bertempat di halaman sekolah, kegiatan ini dilaksanakan untuk pertama kali, sejak pendirian SMK Plus Pelita Nusantara, dengan total 5 ekor kambing sebagai hewan kurban. Adapun kegiatan ini diikuti oleh Guru, Karyawan, Dewan Yayasan, beserta Siswa/i SMK Plus Pelita Nusantara, yang turut membantu dan meramaikan kegiatan ini. Tujuan kegiatan ini adalah agar siswa dapat mempraktikkan nilai-nilai karakter sosial kepada masyarakat dan menanamkan nilai-nilai keislaman. Contoh praktik tersebut adalah cara penyembelihan hewan qurban yang benar sesuai syariat, serta mendapatkan pengetahuan sejarah dan hukum kurban dalam Islam.

Menurut Bapak Iyan Supiyan, M.Pd, Kepala Sekolah SMK Plus Pelita Nusantara, “kegiatan kurban ini merupakan kegiatan sarat makna yang pada awalnya dicontohkan oleh Nabi Ibrahim AS. Keikhlasan Nabi Ibrahim AS untuk mengorbankan putranya Ismail AS, sebagai bentuk ketaatan kepada Allah SWT merupakan esensi penting yang harus kita ambil. Esensi tersebut bukan pada materi fisik, yaitu hewan kurban, akan tetapi lebih kepada bentuk taqwa kita kepada Allah SWT.”

Sejalan dengan yang disampaikan oleh Kepala Sekolah SMK Plus Pelita Nusantara, Dr.H. Basyarudin Thayib selaku Ketua Yayasan Pelita Nusantara Bogor juga menyampaikan bahwa esensi berkurban yang utama adalah manifestasi ketaqwaan kepada Sang Pencipta dengan cara meneladani ketaatan dan semangat Nabi Ibrahim AS beserta keluarganya dalam melaksanakan perintah Allah SWT.

“Berkurban mengajarkan kepada umat manusia untuk senantiasa taat dan berserah diri kepada Sang Pencipta, dan pengorbanan akan melahirkan keberkahan”. Selain itu, beliau pun menyampaikan bahwa berkurban juga merupakan ibadah sosial. Hari Raya Kurban merupakan momen yang tepat untuk mulai mewujudkan kepedulian kita untuk menyisihkan sebagian dari rezeki yang dimiliki kepada saudara-saudara kita yang tidak mampu. “Marilah kita senantiasa membantu mereka yang berada dalam kesusahan guna meringankan beban hidup dan sekaligus mampu menjadikan masyarakat di sekitar kita mendapatkan penghidupan yang lebih baik.”

Kegiatan ini juga nantinya dijadikan agenda rutin tahunan, dan diharapkan peserta kurban meningkat.

“Semoga kita semua yang berkurban hari ini mendapat nilai ibadah , dan Allah SWT memberikan balasan yang lebih baik, serta kembali dipertemukan dengan Idul Adha pada tahun mendatang. Selain itu, mari kita berdoa semoga pada tahun-tahun mendatang kuantitas peserta kurban terus meningkat, sehingga semakin banyak masyarakat yang dapat kita bantu.”

Kegiatan ini diakhiri dengan agenda utama, yaitu membagikan daging kurban kepada masyarakat di sekitar lingkungan sekolah, serta makan bersama sekaligus menjalin keakraban antar seluruh civitas akademika SMK Plus Pelita Nusantara.