SEKAPUR SIRIH DARI PEMBINA YAYASAN PELITA NUSANTARA BOGOR

Pa_basyar_web_2Seraya memuji kepada Allah SWT dan bersyukur kepada-Nya, pada tahun pembelajaran 2017-2018 ini, Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Plus Pelita Nusantara Bogor hadir dalam kancah pendidikan nasional, dan mulai menerima peserta didik baru angkatan pertama.

Berdirinya SMK Plus Pelita Nusantara Bogor adalah respon terhadap Program Presiden Republik Indonesia, Bapak Ir. Joko Widodo untuk mengembangkan pendidikan vokasional melalui SMK guna menurunkan angka pengangguran. Kami memahami berdirinya SMK baru baik negeri maupun swasta bagaikan cendawan tumbuh di musim hujan. Tapi kami berbeda dengan SMK kebanyakan. SMK Plus Pelita Nusantara menawarkan konsep pendidikan SMK berbasis 3 karakter utama, yaitu: terampil, entrepreneur, dan religius.

  1. Terampil dalam bekerja.
    Karakter ini merupakan tujuan utama dan khas dari SMK. Oleh karena itu sistem pembelajaran di SMK Plus Pelita Nusantara Bogor menitik beratkan pada pembelajaran praktik, eksplorasi dan praktik kerja industri, di bawah bimbingan instruktur teknis dan guru mata pelajaran.
  2. Memiliki jiwa entrepreneur atau wirausaha.
    Selama menempuh pendidikan di SMK Plus Pelita Nusantara Bogor, peserta didik juga diberikan bimbingan dan pengalaman berwirausaha atau berbisnis melalui pusat bisnis (business centre) yang dibangun oleh sekolah, bekerjasama dengan dunia industri dan dunia usaha. Dengan demikian lulusan SMK Plus Pelita Nusantara Bogor tidak selamanya menjadi pekerja, tapi dapat menjadi wirausahawan yang handal dengan memiliki usaha sendiri.
  3. Religius.
    Peserta didik dibimbing untuk menjadi penganut agama yang baik, taat beribadah, dan berakhlak mulia. Kami sangat menyadari bahwa terampil bekerja, mampu berwirausaha tidak menjamin seseorang dapat hidup sukses tanpa menjadi seorang yang berakhlak mulia. Oleh karena itu, SMK Plus Pelita Nusantara juga mengembangkan konsep SMK berwawasan pesantren. Peserta didik memperoleh bimbingan ibadah dan akhlak mulia. Konsep ini dimaksudkan untuk mengubah stigma masyarakat dan peserta didik bahwa SMK identik dengan pendidikan keras, bukan SMK kalau tidak keras dan nakal.

Selain menggunakan Kurikulum Nasional (Kurikulum 2013) yang ditetapkan oleh pemerintah, SMK Plus Pelita Nusantara Bogor memiliki kurikulum khas yang merupakan plusnya. Kurikulum khas tersebut meliputi:

  • Talent Day
  • English Day
  • Pesantren Spirit
  • Entrepreneurship
  • Eksplorasi Paket Keahlian

SMK Plus Pelita Nusantara Bogor memiliki gedung pembelajaran 4 lantai yang dilengkapi dengan fasilitas pendukung seperti laboratorium, perpustakaan, pusat bisnis, yang dirancang dan dibangun dengan konsep modern. Proses pembelajaran di SMK Plus Pelita Nusantara Bogor menggunakan filosofi konsep dan metode pembelajaran modern berbasis Quantum Learning sesuai dengan paradigma baru dalam bidang pendidikan.

Pembelajaran berbasis Quantum Learning membangun suasana pembelajaran yang menyenangkan dan berpusat pada peserta didik. Belajar dan bermain, sehingga belajar bukan menjadi beban tetapi mengasikkan. Dengan demikian setiap peserta didik dapat berkembang sesuai dengan potensi dirinya masing-masing.

SMK Plus Pelita Nusantara Bogor di bawah binaan SMA Plus PGRI Cibinong yang telah berpengalaman panjang, berwawasan global dan sebagai sekolah rujukan nasional. Sebagian guru SMK Plus Pelita Nusantara Bogor adalah pengajar di SMA Plus PGRI Cibinong.

Kami memberikan jaminan pada masyarakat bahwa SMK Plus Pelita Nusantara Bogor dikelola secara profesional, bermutu, dan modern tetapi tidak mahal. Dengan rasa bangga kami mengajak kepada masyarakat khususnya orang tua yang putra-putrinya ingin melanjutkan pendidikan ke SMK untuk bergabung di SMK Plus Pelita Nusantara Bogor.

Terima Kasih

Dr. H. Basyarudin Thayib, M.Pd